Minggu, 23 Oktober 2011

Penyelidikan Tanah

Penyelidikan tanah diperlukan untuk menentukan pilihan jenis pondasi. Daya dukungnya, dan untuk menentukan metode konstruksi yang efisien.


Karakteristik tanah amat bervariasi dan dapat berubah drastis hanya dalam jarak beberapa meter. Tujuan langsung dari penyelidikan tanah adalah untuk menentukan stratigrafi atau pelapisan tanah, menentukan sifat-sifat fisis dan teknis tanah, khususnya kuat geser dan sifat kemempatannya. Secara umum tujuan yang ingin dicapai adalah:

  1. memberikan pandangan-pandangan tentang kelayakan suatu lokasi untuk proyek dari aspek kondisi tanah.
  2. menentukan karakteristik tanah dan kemungkinan perilakunya akibat pembebanan, menafsirkan data tersebut dan digunakan untuk merekomendasikan perancangan, metode konstruksi dan cara pengamatan.



Pengetahuan Tentang Kondisi Lapangan

Pengetahuan tentang kondisi lapangan amat diperlukan untuk memilih dan melaksanakan pondasi tiang. Pengamatan mengenai kondisi lapangan meliputi pengamatan visual di lapangan dan di daerah sekitarnya dan pengetahuan mengenai konstruksi pondasi tiang di dekat lokasi proyek.

Pengamatan lapangan dapat memberikan informasi mengenai adanya hambatan atau bangunan atau struktur lain di daerah tersebut. Jalan akses masuk ke proyek juga menjadi bahan pertimbangan. Aspek penting diantaranya lebar sempitnya jalan masuk, lokasi militas umum, topografi, ketersediaan air dan kemungkinan alat-alat masuk ke dalam lokasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar